Menanam Bayam Merah di Hydroponics

Hydroponics Bayam Merah

Bayam merah adalah sejenis sayuran yang kaya akan vitamin, anti oksidan dan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat bayam merah yang saya kutip dari www.alodokter.com.

  1. Menjaga kesehatan pembuluh darah
    Sebuah penelitian menggunakan ekstrak bayam merah yang mengandung nitrat oksida, dilakukan guna menguji efek sayuran tersebut pada kinerja tubuh setelah olahraga, kesehatan pembuluh darah, dan kelancaran aliran darah.
    Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak bayam merah mampu merangsang pembentukan nitrat oksida alami di dalam tubuh. Efek ini terlihat dapat memperbaiki kelenturan pembuluh darah, membantu memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurunkan tekanan darah meski dalam jumlah sedikit.
    Hanya saja penelitian ini masih terbatas pada studi berskala kecil. Untuk memastikan efek bayam merah untuk kesehatan pembuluh darah dan potensinya sebagai obat, masih diperlukan studi ilmiah lebih lanjut.
  2. Memiliki sifat antikanker
    Manfaat bayam merah lainnya adalah untuk melawan penyakit kanker. Berdasarkan penelitian di laboratorium, ditemukan bahwa ekstrak bayam merah yang memiliki antioksidan tinggi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Sayangnya temuan ini butuh dikaji lebih lanjut karena masih terbatas pada hasil penelitian di laboratorium, dan belum teruji secara klinis pada manusia.
    Membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.
    Selain menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta melawan kanker, bayam merah juga diduga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Sebuah penelitian terhadap tikus memperlihatkan bahwa bayam merah dapat mengurangi kadar gula darah, trigliserida, dan kolesterol. Akan tetapi, manfaat bayam merah yang satu ini belum teruji pada manusia, sehingga masih belum dapat digunakan sebagai pengobatan.

Bagaimana menanam bayam merah dalam sistem hydroponics? sebenarnya sama saja dengan bayam hijau.

Berikut ini cara budidaya bayam merah di instalasi hydroponics.

  1. Siapkan rockwall atau busa atau apa saja sebagai tempat pembibitan.
  2. Potong rockwoll sesuai dengan besar netpod dan letakkan di wadah/mampan pembibitan yang bisa menampung air.
  3. Basahi rockwoll dengan air murni yang tidak tercemar zat kimia seperti kaporit dari PAM.
  4. Letakkan rockwoll basah tersebut di tempat yang teduh selama 1 malam
  5. Siapkan bibit bayam merah di sebuah wajan/tempayan/biring dan lain-lain
  6. Cukup dengan membasahi jari telunjuk anda, lalu tempel ke bibit bayam merah di wajan lalu pindahkan ke rockwoll dengan cara mengusap.
  7. Simpan semai di dalam ruangan ( tanpa sinar matahari ) selama malam dan menutup mampan semai tersebut dengan plastik (kedap udara)
  8. Malam ke dua bibit sudah bertumbuh dengan baik.
  9. Proses penyamaian sampai 5 hari tanpa sinar matahari.
  10. Selalu pastikan rockwall dalam keadaan basah, bila sudah mengering boleh ditambahkan air.
  11. Hari ke enam sudah bisa diperkenalkan dengan nutrisi dan sinar matahari.
  12. Hari ke 10, semai bayam merah dipindah ke instalasi hydroponics.
  13. Untuk ukuran netpodnya saya sarankan yang berberukuran tinggi sebab bayam merah akan tinggi sehingga netpod tersebut bisa menopangnya kelak.

Untuk lebih jelasnya ada di video berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *