Membuat Hydroponics dari Botol Air Mineral Bekas

Bertani hydroponics tidaklah harus mahal. Barang-barang Bekas di sekeliling kita bisa dimanfaatkan untuk bertani hydroponics. Salah satu barang bekas yang banyak kita jumpai yang bisa kita manfaatkan untuk hydroponics adalah botol bekas air mineral.

Berikut ini adalah cara pembuatanya.

  1. Siapkan botol air mineral bekas. Saya rekomendasikan yang ukuran 1500 ml. Ukuran ini lebih ideal, tidak terlalu besar atau kecil. Satu botol ukuran ini bisa dibuatkan 2-3 lubang untuk net pot nya
  2. Buat kan alat pembuat lubang untuk netpot sekali gus alat pembuat lubang penyambungnya. Alat ini bisa dibuat sendiri dari kawat, melingkar sedemikian rupa. Ukuranya sesuaikan dengan diameter netpot bagian tengah. Dan untuk lubang penyambung botol sesuaikan dengan ukuran tutup botolnya.
  3. Dengan tenaga panas, lubangi botol. Sebagai pengalaman saya bakar di api (lihat video sebagai contoh)
  4. Sambungkan satu persatu botol yang sudah dilubangi, sesuaikan dengan panjang lahan. Sebagai pebading, untuk ukuran 2 meter maka dibutuhkan 7 botol ukuran 1500ml.
  5. Pastikan setiap sambungan tidak bocor. Gunakan lem atau seal untuk menutup lubang yang bocor.
  6. Gunakan selang berdiameter 10mm sebagai saluran supply nutrisi dari bak penampung nutrisi dan saluran buang ke penampung nutrisi.
  7. Untuk detailnya sila buka video berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *