Tips Memilih Tanaman Yang Tepat Untuk Hydroponic

Umumnya semua tanamaan sayuran hijau cocok untuk kebun hydroponics. Hanya saja satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran dari sayuran itu sendiri ketika ditanam di hydroponics. Contohnya sayur kol atau kubis yang memiliki ukuran atau dimensi yang besar sehingga ketika ditanam di hydroponics akan sedikit menyulitkan.

Selain tanaman sayuran, bunga pun bisa di budidayakan di kebun hydroponics walau saat ini belum lazim. Berikut ini adalah tanamanya yang sering ditanam di hydroponics. Tanaman sayur seperti selada, sawi, pakchoi, tomat, wortel, asparagus, brokoli, cabai, seledri, bawang merah, bawang putih, bawang daun, terong. Tanaman buah seperti melon, tomat, mentimun, semangka, strawberi, paprika dan juga umbi-umbian.

Perlu pertimbangan bila menanam tanaman buah di hydroponics. Beberapa diantaranya adalah menyiapkan perangkat atau alat untuk mendirikan tanaman tersebut sehingga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Contoh, mentimun atau semangka. Tanamanya merambat ini harus punya tempat tersendiri sehingga ketika menjalar ia akan berkembang dengan baik. Kedua, nutrisi yang dibutuhkan jauh lebih banyak dibanding tanaman sayuran sebab memiliki batang, daun dan buah yang besar.

Syarat lain jika ingin menanam sayuran atau tanamanya berbuah adalah memiliki lahan yang luas sehingga tanaman tersebut bisa merambat dan berbuah dengan baik. Tentu saja semakin banyak daun tanaman maka semakin besar kemungkinan diserang ulat daun atau hama lainnya, artinya butuh tantangan tersendiri untuk menanam buah di hydroponics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *