Hydroponics Untuk Kebutuhan Keluarga

Mendapatkan sayuran segar setiap hari adalah keuntungan dan tujuan utama berkebun hydroponics. Bagi hydroponics skala rumahan seperti saya, quantitas merupakan satu pertimbangan ketika memulai pembibitan. Karena sayuran yg saya tanam adalah hanya untuk konsumsi keluarga maka jumlah bibit yg saya semai adalah antara 5 sampai 10 lubang per dua minggunya. Tujuanya adalah supaya sayuran bertumbuh secara berurutan atau periodik.

Setiap minggu sayuran bisa dipanen secara terus menerus. Lihat photo berikut ini.

Setiap usia sayuran antara dua hingga tiga minggu setelah dimasukkan ke lubang tanam, maka mulai kita semaikan bibit baru demikian seterusnya.

Pengalaman saya ketika menanam serentak sekitar 50lubang tanam adalah pada saat masa panen ada 50batang yg harus saya panen. Bisa saja dibiarkan membesar, tetapi kerugiannya adalah nutrisi haru disuplai terus (boros) dan sayuran akan mengeras (kerugian secara kualitarif). Ternyata tidak mudah menghabiskan 50 batang sayuran dalam hitungan minggu, dan kerugian lainnya adalah ketika sayur itu habis maka tidak ada stok yg siap panen otomatis sayuran segar yg seyogianya bisa dinikmati tiap hari akan terhenti.

Sayuran Pakcoy, sawi, bayam, selada dan jenis sayuran hijau lainya sangat cocok ditanam secara berurutan atau periodik adalah pilihan tepat utk hydroponics keluarga.

Tips lain adalah menanam beberapa macam sayuran sekaligus yg usia panennya tidak sama contohnya antara pakcoy dengan bayam atau pakcoy dengan kangkung sehingga kita bisa memanen sekaligus menikmati sayuran yg berbeda beda setiap minggunya.

20190920_062838

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *