Nutrisi Pada Hydroponics

Hal yang sangat penting dalam berkebun hydroponics adalah nutrisi tanaman. Berbagai macam unsur atau senyawa yang dibutuhkan tanaman sehingga tanaman tersebut bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan yg kita harapkan.

Kekurangan salah satu unsur dari sekian banyak itu berdampak langsung kepada perkembangan tanaman. Unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam sebuah pertanian adalah sebagai berikut.

  1. Air bersih sebagai media pelarut
    Tentu saja air yang dimaksud adalah air murni atau H2O yang terbebas dari campuran atau senyawa berbahaya bagi tumbuhan seperti ari kaporit.
  2. Unsur utama yang dibutuhkan oleh tanaman baik yang ditanam di tanah maupun hydroponics adalah unsur hara. Unsur hara ini terdiri dari dua bagian yaitu hara makro dan hara mikro. Unsur hara makro seperti Nitrogen (N), Phospat (P), Kalim (K), Calsium (Ca), Magnesium (Mg), dan Sulfur (S) sementara unsur hara mikro seperti Boron, Tembaga (CU), Besi (Fe), Seng (Zn) dan lain-lain.

Apa saja manfaat unsur-unsur tersebut di atas?. Berikut ini adalah ringkasan mafaat unsur-unsur tersebut :

  1. Nitrogen. Unsur ini berperan dalam pembentukan sel tanaman, jaringan, dan organ tanaman.  Nitrogen  memiliki fungsi utama sebagai bahan sintetis klorofil, protein, dan asam amino. Oleh karena itu unsur Nitrogen dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar, terutama pada saat pertumbuhan memasuki fase vegetatif.  Bersama dengan unsur Fosfor (P), Nitrogen ini digunakan dalam mengatur pertumbuhan tanaman secara keseluruhan.
  2. Fosfor (P) merupakan komponen penyusun dari beberapa enzim, protein, ATP, RNA, dan DNA.  ATP penting untuk proses transfer energi, sedangkan RNA dan DNA menentukan sifat genetik dari tanaman. Unsur P juga berperan pada pertumbuhan benih, akar, bunga, dan buah. Pengaruh terhadap akar adalah dengan membaiknya struktur perakaran sehingga daya serap tanaman terhadap nutrisi pun menjadi lebih baik.

  3. Kaliun (K) berperan sebagai pengatur proses fisiologi tanaman seperti fotosintetis, akumulasi, translokasi, transportasi karbohidrat, membuka menutupnya stomata, atau mengatur distribusi air dalam jaringan dan sel.
  4. Magnesium (Mg) berperan sebagai pengangkut energi dari akar ke daun.\
  5. Calsium (Ca) berperan sebagai unsur pembentukan akar
  6. Belerang / Sulfur (S) berperan sebagai pembentuk protein
  7. Unsur mikro lebih berperan sebagai pembentuk unsur hara. Kekurangan unsur mikro akan menghambat pembentukan protein dan menghambat transportasi unsur-unsur hara ke daun yang sangan dibutuhkan oleh klorofil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *