Mendesain Hydroponics dengan PVC

Bahan yg paling awam digunakan membuat hydroponics adalah pipa PVC. Diameter pipa disesuaikan dengan jenis tanaman. Utk tanaman sayuran diameter 2,5in hingga 4inc adalah pilihan terbaik. Sedangkan desainnya sendiri tergantung selera pemilik (estetika dan seni) dan luas area. Di area terbatas dianjurkan mengaplikasikan system bertingkat.

Secara umum, desain hydroponics sangat sederhana. Mengalirkan nutrisi dari salah satu ujung PVC ke ujung yang lain secara terus menerus.

Satu hal yg paling penting diperhatikan adalah besarnya aliran nutrisi. Bila kita mensuply nutrisi dari wadah nutrisi ke PVC maka pertimbangan utama adalah air nutrisi cukup utk mensuply seluruh kebutuhan tanaman di dalam PVC. Panjang pipa PVC yang baru adalah 4 meter. Jika kita jarak antar lubang adalah 15cm permeternya maka kita memiliki 6 lubang yg artinya 6 pohon maka 1 PVC terdiri dari 24 lubang tanam. Nah, pertimbangkan nutrisi ke 24 lubang tanam tersebut. Saran saya, gunakan pipa atau PVC ukuran 0,5in sebagai pipa pemasok nutrisi.

Cara lain adalah perpendek PVC sehingga lubang tanam menjadi 12 dan gunakan selang 1cm sebagai selang penyuplai nutrisi.

Sebagai catatan, tanaman sayuran sangat mudah layu sehingga utk daerah yang bercuaca panas seperti kotakota besar pada umumnya gunakan jaring atau waring utk mwngurangi sengatan sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *